Jumat, 25 Januari 2013

makna sakral cincin pernikahan



makna cincin pernikahan

Cincin pernikahan adalah hal yang harus ada dalam sebuah pernikahan. Cincin yang dipakai di jari manis tangan kiri ini menandakan orang terus sudah terikat dalam sebuah hubungan sakral bernama pernikahan. Selain sebagai tanpa pengikat, cincin pernikahan juga memiliki makna lain yang tidak kalah dalam. Dengan mengetahui apa saja makna cincin pernikahan, semoga kita bisa lebih menjaga arti pernikahan itu sendiri. Makna yang pertama adalah kebersamaan yang kokoh. Cincin mempunyai bentuk lingkaran yang sulit pecah dan hancur. Itulah di banyak budaya, orang percaya cincin adalah simbol keabadian yang tidak tergantikan.
Bentuk cincin yang bulat, tanpa awal, dan tanpa akhir juga menjadi simbol kesatuan. Pasangan yang menggunakan cincin pernikahan diharap akan terus bersatu dan saling melengkapi. Hidup rumah tangga akan terus berputar seperti roda. Ada kesedihan, kebahagiaan, kelahiran, dan kematian. Pasangan harus saling menerima kekurangan, menghargai kelebihan sehingga tercipta kesempurnaan berumah tangga. Indah sekali bukan makna yang terkandung dalam selingkar cincin pernikahan itu? Jadi sangat tidak pantas orang yang menyia-nyiakan pasangan mereka.
Makna lain yang jelas dari cincin pernikahan adalah cinta dan komitmen. Sebagai pasangan yang sudah menikah, tentunya ada tanggung jawab dan kewajiban yang harus dijalankan masing-masing pasangan. Tidaklah boleh orang yang masih terikat pernikahan melalaikan tanggung jawab dan kewajibannya karena itu adalah hasil dari komitmen untuk hidup bersama. Selama hidup bersama itu pula mereka harus tetap menjaga cinta agar pernikahan bisa harmonis dan bahagia.
Dahulu, cincin hanya dipakai oleh orang-orang tertentu yang kaya dan berkedudukan tinggi. Cincin tersebut dianggap sebagai perhiasan mewah karena terbuat dari bahan yang mahal. Sekarang, cincin dianggap sebagai simbol kekuatan dan keberuntungan untuk mendatangkan kejayaan. Artinya dua orang yang sudah menikah bisa saling menopang untuk kehidupan yang lebih sukses. Sebagaimana dalam agama juga disebutkan bahwa menikah bisa mendatangkan lebih banyak rezeki. Maka patut dikatakan bahwa dalam cincin pernikahan itu ada harapan dan semangat untuk membangun hidup yang lebih baik.
Itulah beberapa makna yang terkandung dalam cincin pernikahan. Semua makna tersebut baik adanya, jadi pasangan yang menikah memang harus benar-benar menjaga kesakralan cincin dan pernikahannya. Tidak ada salahnya juga pasangan yang akan menikah menyiapkan dengan serius cincin pernikahan mereka. Mulai dari model, ukuran, bahan, harga, dan lain sebagainya. Memilih cincin pernikahan bersama bisa jadi hal yang tidak terlupakan untuk setiap pasangan. Namun, Anda juga tidak perlu memaksakan cincin penikahan harus mahal dan bertabur berlian. Yang terpenting adalah niat dan sikap Anda untuk menjalani pernikahan yang langgeng dan bahagia. Semoga tulisan tentang makan cincin pernikahan ini inspiratif bagi Anda.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar