Kamis, 17 Januari 2013

4 cara mengatasi kulit wajah berminyak



oily-skin

Kulit wajah memang salah satu area kulit yang paling vital terutama bagi wanita. Pasalnya, Anda akan sangat bergantung pada penampilan kulit wajah Anda untuk menunjukkan pesona Anda sebagai wanita. Seberapa cantikpun Anda berdandan dan mengenakan pakaian yang paling modis, jika kulit Anda berjerawat, berminyak, atau masalah yang lainnya, maka semua usaha Anda untuk tampil menawan akan menjadi sia-sia. Mungkin dari beberapa permasalahan kulit wajah seperti yang disebutkan sebelumnya, kulit wajah berminyak adalah salah satu yang paling mengesalkan. Hal ini disebabkan karena kulit wajah yang berminyak sangat susah ditangani oleh sebagian besar wanita. Kalaupun bisa dihilangkan, tidak lama kemudian, minyak akan mulai muncul lagi. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi permasalahan kulit wajah yang berminyak.

Cuci Muka Secara Teratur

Penyebab kulit wajah menjadi berminyak adalah karena produksi sebum yang cukup berlebih yang bisa dikarenakan beberapa faktor seperti aktifitas, hormonal, dan yang lainnya. Cuci muka secara teratur akan membantu Anda untuk membersihkan kulit wajah dan mengurangi minyak yang ada. Dengan mencuci muka, Anda juga bisa mencegah jerawat untuk muncul karena biasanya jerawat muncul karena perpaduan antara minyak dan kotoran di kulit wajah.

Gunakan Produk Perawatan Yang Mengandung Clay dan Zinc

Memang ada banyak sekali produk perawatan kulit wajah yang bisa Anda dapatkan di toko-toko kosmetik. Akan tetapi, tidak semua produk tersebut sesuai bagi Anda. Ketika Anda membeli produk semacam ini, pastikan Anda membaca kandungan dari produk tersebut. Pilihlah produk yang mengandung Clay dan Zinc. Kedua zat ini memiliki fungsi untuk mengontrol sebum dan juga mengecilkan pori-pori. Dengan menggunakan produk tersebut secara teratur, ukuran pori-pori bisa mengecil dan produksi sebum juga akan berkurang.

Gunakan Cleanser, Toning, Pelembab

Sebagai tambahan produk yang mengandung Clay dan Zinc seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Anda juga disarankan untuk menggunakan cleanser yang fungsinya adalah untuk membersihkan kotoran dari wajah. Fungsi ini memang mirip dengan mencuci muka menggunakan air saja. Namun, air tidak cukup untuk membuang kotoran yang menempel dan menutup pori-pori. Oleh karena itu, akan lebih baik bagi Anda untuk menggunakan cleanser juga sebagai penyempurna cuci muka dengan air. Gunakan juga toning untuk membuat kulit menjadi lebih merona secara alami. Sementara pelembab akan membantu kulit wajah Anda tetap terjaga kelembapannya karena beberapa produk pengontrol minyak wajah bisa membuat kulit Anda terlalu kering.

Pilih Produk Yang Water Based

Satu tips yang bisa Anda ingat dan lakukan ketika memilih produk pengontrol minyak di wajah adalah memilih yang water based. Alasannya adalah produk semacam ini lebih alami. Sehingga, tidak akan ada efek samping yang akan Anda alami ketika menggunakannya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar