Kamis, 17 Januari 2013

si kecil tak suka sayur?ini solusinya



anak-tidak-menyukai-sayuran
\
Akui saja, tidak semua dari Anda yang membaca artikel ini menyukai sayuran kan? Atau mungkin Anda adalah ibu dari seorang anak usia balita yang sering frustasi ketika tiba waktu makan bagi si kecil karena ia selalu menolak makan sayur? Ya, problem anak tak suka sayur telah menjadi “masalah rutin” yang dialami para ibu. Tentu kita tak ingin buah hati kita kekurangan gizi bukan?

Sayur Goreng Lebih Menarik

Ada banyak cara mengolah sayuran agar disukai anak. Sebab utama anak tidak menyukai sayur kebanyakan adalah dikarenakan rasanya yang kurang enak. Padahal jika dilihat dari segi bentuk dan warnanya, sayuran itu sangatlah cantik bukan dengan warna-warni segarnya? Maka, marilah para ibu berkreasi untuk mengolah sayuran agar rasanya lebih dapat diterima lidah si kecil yang masih belajar mengenal aneka jenis rasa. Sayuran pada dasarnya dapat diolah menjadi aneka jenis masakan, baik ditumis, direbus, ditim, bahkan digoreng. Ya, digoreng. Selama ini tidak banyak diantara para ibu yang tahu bahwa sayuran juga bisa menjadi sangat lezat bila digoreng. Tidak percaya? Lihat saja makanan Jepang semisal tempura, yang terdiri atas sayur-sayuran yang digoreng berbalut tepung. Sangat crispy dan lezat bukan? Cara membuatnya pun tidak sulit. Pilihlah sayur-sayuran yang memiliki kadar serat dan air tinggi sehingga tidak akan layu dan tetap renyah ketika digoreng seperti brokoli, jamur, buncis, wortel, atau kentang. Cukup balur dengan adonan tepung dan bumbu-bumbu sesuai selera, jadilah hidangan lezat yang penuh gizi. Tambahkan dengan cocolan saus atau mayonnaise, dijamin si kecil pasti suka.

Sayur Sebagai Bahan Campuran

Cara lain mengolah sayuran agar nikmat bagi anak adalah dengan mencampurkannya dalam olahan nasi atau mie. Semisal kita ingin membuat nasi goreng atau mie goreng, jangan lupa campurkan sayur-sayuran semisal wortel yang dipotong kotak kecil-kecil, kacang polong, daun bawang, dan brokoli. Sayuran ini akan memberikan tampilan yang lebih menarik pada nasi goreng atau mie goreng bikinan Anda dengan warna-warni cerahnya yang pasti disukai anak. Bisa juga Anda membuat sup yang diisi dengan sayuran yang dipotong berbentuk lucu semisal wortel yang dibentuk seperti bunga, buncis yang dipotong seperti korek api, atau kentang yang dipotong seperti bintang. Unik bukan?
Pada umumnya, anak akan mudah menerima makanan apapun yang tersaji di hadapannya, apalagi bila makanan itu memiliki bentuk dan warna yang unik. Maka setelah bentuk dan warna yang bagus lalu ditambah dengan rasa yang lezat, anak pasti doyan. Maka, disinilah kreativitas dan ketelatenan para ibu dituntut agar anak doyan dan mau makan sayur. Tunggu apalagi para ibu, yuk mulai berkreasi dengan resep-resep sayuran lezat ciptaan sendiri demi si buah hati yang lebih sehat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar