Rabu, 23 Januari 2013

5 langkah unik untuk kulit cantik dan sehat alami



photo by lookbeauty

Memiliki kulit cantik, mulus, dan indah berseri tentunya menjadi idaman setiap wanita di dunia. Kulit cantik tidak melulu berorientasi pada warna putih atau kuning langsat. Pada dasarnya semua warna kulit itu cantik tergantung bagaimana kita merawat dan mengapresiasinya. Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk mempercantik kulit baik kulit wajah maupun kulit di bagian tubuh yang lain. Tinggal pilih saja, mau yang mahal atau mau yang sederhana dan murah tapi hasilnya tidak kalah dengan perawatan kulit yang mahal. Jika Anda ingin merasakan perawatan kulit murah meriah namun memberikan hasil yang bagus, Anda pasti tidak akan menyesal untuk mencoba 5 langkah unik untuk kulit cantik dan sehat alami berikut ini.

Perawatan Kulit dengan Teh

Teh adalah salah satu media sederhana yang bisa digunakan untuk perawatan kulit secara alami. Teh memiliki kandungan bahan-bahan bermanfaat seperti kafein, vitamin C, dan vitamin E. Ketiga kandungan teh tersebut telah terbukti mampu mengencangkan kulit, mencerahkan, dan mengurangi lingkar hitam pada mata. Selain cocok untuk digunakan di wajah, perawatan dengan teh ini dapat juga diaplikasikan pada bagian tubuh yang lainnya. Cara menggunakan teh untuk perawatan sangatlah mudah. Selain diminum airnya, ampas dari seduhan daun teh dapat digunakan untuk mengompres wajah atau sebagai lulur alami. Caranya adalah dengan mengambil ampas seduhan teh yang telah didiamkan semalaman dan yang tidak dicampur dengan gula atau bahan lainnya. Balurkan pada wajah di pagi hari setelah bangun tidur. Tunggu hingga rasa dingin dan segar dari ampas teh tersebut meresap ke pori-pori kulit. Setelahnya, bersihkan wajah Anda dengan air hangat-hangat kuku hingga bersih. Tepuk-tepuk atau pijat-pijat wajah Anda dengan lembut. Dijamin setelahnya wajah Anda akan terlihat segar dan berseri seketika. Jika Anda ingin menggunakan ampas teh sebagai lulur di pagi hari, Anda dapat mengambil ampas teh basah yang telah didiamkan semalaman dan kemudian membalurkannya pada bagian-bagian kulit yang terlihat kering dan kusam. Diamkan selama beberapa saat kemudian bilas. Semakin teratur Anda melakukan perawatan sederhana ini, semakin baik pula hasilnya.

Perawatan Kulit dengan Pepaya

Pepaya adalah buah yang penuh vitamin A dan nutrisi yang baik untuk kulit. Mengkonsumsi buah pepaya secara rutin dapat membantu mempertahankan kelembaban dan kehalusan kulit. Buah pepaya juga mampu membuat kulit terlihat lebih eksotik dan tidak pucat. Ini dikarenakan pepaya mengandung zat warna alami seperti yang terkandung pada wortel. Cara perawatan kulit murah meriah ala buah pepaya sangatlah mudah untuk dilakukan. Cukup ambil buah pepaya masak yang sudah tidak mengandung getah. Kemudian haluskan daging buahnya tapi tidak perlu satu buah pepaya utuh, cukup separuhnya saja. Setelah halus, balurkan pada wajah dan kulit seperti menggunakan masker. Tunggu hingga buah pepaya agak mengering, kemudian bilas hingga bersih. Perawatan dengan menggunakan buah pepaya secara rutin dapat mengembalikan warna alami kulit yang berubah karena pengaruh kosmetik kimiawi. Hal ini karena pepaya mengandung enzin papain yang membantu regenerasi kulit. Selain itu, kandungan vitamin C dalam buah pepaya dapat mengurangi kerutan dan menghaluskan kulit secara intens.

Perawatan Kulit dengan Minyak Kelapa Homemade

Siapa tak kenal minyak kelapa? Sebagai wanita tentunya akrab dengan minyak yang satu ini. Tapi yang kami bahas kali ini bukan minyak kelapa hasil sulingan pabrik atau minyak goreng yang dijual di pasaran. Minyak kelapa yang kami bahas adalah minyak kelapa homemade yang bisa Anda buat sendiri di rumah. Caranya hanya dengan memasak santan kental hingga tersisa minyak dan ampasnya. Saring minyak tersebut dan masukkan dalam wadah. Bila Anda menginginkan hasil yang lebih intens, Anda dapat menambahkan jahe parut kedalam minyak tersebut. Gunakan minyak tersebut sedikit-sedikit untuk memoles wajah dan kulit sebelum mandi. Perawatan kulit dengan minyak kelapa akan meningkatkan warna dan tekstur kulit. Kulit jadi terlihat lebih sehat dan tidak pucat. Namun, jika Anda tidak begitu menyukai perawatan ini, Anda dapat menggunakan minyak kelapa murni atau virgin coconut oil sebagai gantinya. Minyak kelapa memberikan hasil yang tak jauh beda dari minyak zaitun. Hanya saja minyak kelapa lebih terjangkau dan bisa dibuat sendiri dibandingkan dengan minyak zaitun.

Perawatan Kulit dengan Kayu Manis

Kayu manis ternyata tidak hanya berfungsi sebagai bumbu daput dan perasa alami untuk kue dan camilan lainnya. Kayu manis dapat pula digunakan sebagai media perawatan kulit murah meriah. Caranya adalah dengan menggiling kayu manis atau menggunakan bubuk kayu manis yang dicampur dengan madu atau bisa juga dicampur dengan minyak kelapa. Campur adonan hingga menyerupai adonan masker. Balurkan pada wajah sebagai masker. Tunggu hingga kering dan kulit wajah terasa seperti tertarik. Kemudian bilas dengan air hangat. Gunakan seminggu dua sampai tiga kali sebelum tidur. Kulit Anda akan terasa lebih kencang dan halus serta lebih terlihat merona. Kayu manis mengandung minyak alami yang akan terasa agak panas di kulit namun bisa membantu mengencangkan kulit. Namun, untuk Anda yang memiliki kulit hipersensitif sebaiknya Anda tidak menggunakan bubuk kayu manis terlalu banyak dalam perawatan yang Anda lakukan. Selain untuk mengencangkan dan menghaluskan kulit, perpaduan serbuk kayu manis dan madu juga dapat menghilangkan bekas jerawat. Caranya dengan mengoleskan adonan ke bekas jerawat sebelum tidur kemudian bilas hingga bersih sesaat setelah bangun tidur.

Perawatan Kulit dengan Senam Wajah

Jika sebelumnya Anda disuguhi dengan informasi cara perawatan kulit dengan buah-buahan dan bahan-bahan murah meriah di sekitar Anda, kini Anda disuguhi cara lain untuk mempercantik kulit khususnya kulit wajah. Senam wajah adalah metode paling mudah, praktis, murah, dan efektif. Melakukan senam wajah tiga kali sehari tidak hanya mampu mengencangkan kulit namun juga dapat memperbaiki kontur wajah. Senam wajah baiknya dilakukan di pagi hari setelah bangun tidur, siang hari, dan malam hari sebelum tidur. Caranya hanya dengan menggerak-gerakkan seluruh otot yang ada di wajah Anda misalnya dengan berkedip-kedip, membentuk huruf vokal A, I, U, E,O, tersenyum, merengut, dan sebagainya. Anda juga bisa menggunakan tangan Anda untuk menggerakkan kulit-kulit wajah dengan gerakan memijat. Senam wajah terbukti dapat mengencangkan jaringan kulit dan juga memperlancar peredaran darah di bawah kulit. Hasilnya kulit wajah terlihat lebih kencang, merona, dan berseri.
Merawat kekencangan, kecantikan, dan kesehatan kulit tidak melulu harus dengan biaya yang mahal. Bahan-bahan alami di sekitar kita pun dapat digunakan asal tahu cara dan manfaatnya saja. Konsistensi adalah kunci utama untuk mendapatkan kulit yang sehat dan cantik berseri. Banyak mengkonsumsi air putih, mengurangi asupan gula, dan mandi 2 kali sehari juga dapat membantu meningkatkan kecantikan kulit.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar