Kamis, 17 Januari 2013

cara merawat rambut kering dan rusak



merawat-rambut-kering-dan-rusak

Rambut adalah mahkota perempuan yang perlu dijaga keindahan serta kesehatannya. Rambut yang sehat dan berkilau dapat memancarkan pesona perempuan yang tentunya akan membuat mereka terlihat lebih cantik dan menarik, apalagi bagi wanita Indonesia yang sebagian besarnya memiliki rambut hitam yang berkilau. Untuk menjaga agar rambut tetap sehat dan cantik, anda memang harus melakukan perawatan ekstra. Beberapa faktor seperti cuaca dan penggunaan alat-alat kecantikan dapat merusak kesehatan dan kelembaban alami rambut, sehingga rambut menjadi rusak dan kering. Ketika rambut tidak sehat dan kering, maka rambut akan terlihat kusam dan bahkan bercabang. Berikut ini adalah penjelasan mengenai beberapa penyebab rambut menjadi kering dan rusak, serta beberapa tips mengenai cara merawat rambut agar menjadi sehat kembali.

Penyebab Rambut Kering dan Rusak

Rambut yang kering dan rusak dapat ditandai dengan tekstur rambut yang kasar, kering, bercabang dan kusam. Masalah rambut ini harus segera diatasi karena rambut yang kering dan rusak dapat mengurangi kecantikan penampilan anda. Namun sebelum masuk ke bagian tips bagaimana merawat rambut yang kering dan rusak, mari kita lihat terlebih dahulu apa penyebab terjadinya rambut yang kering dan rusak. Pertama, rambut yang sering terkena paparan sinar matahari secara langsung akan mudah menjadi kering dan rusak. Paparan sinar matahari dapat membuat rambut menjadi mudah kering dan patah. Yang kedua, menggosok rambut dengan handuk setelah keramas bisa menyebabkan rambut menjadi mudah patah dan bercabang. Anda pasti tidak menyangka bukan bahwa kebiasaan menggosok rambut setelah keramas agar cepat kering dapat membuat rambut anda menjadi bercabang? Sebagai solusinya, anda bisa mengganti kebiasaan anda menggosok-gosok rambut dengan handuk dengan cara menekan rambut dengan handuk secara lembut dan perlahan atau membungkus rambut dengan handuk selama beberapa menit.
Ketiga, penggunaan produk rambut secara berlebihan. Kandungan kimiawi yang terdapat dalam produk-produk penataan rambut dapat menyebabkan rambut menjadi kering dan kasar. Produk-produk seperti hairspray atau gel mengandung tingkat alkohol yang tinggi, sehingga dapat merusak kelembaban alami rambut anda. Keempat, penggunaan alat-alat penataan rambut seperti hairdryer, catok rambut atau pengeriting secara berlebihan juga dapat membuat rambut menjadi kering dan rusak. Panas yang dihasilkan dari alat-alat tersebut sangatlah tinggi, sehingga rambut anda akan menjadi kering dan bercabang. Yang kelima adalah kebiasaan menyisir rambut saat masih basah. Menyisir rambut dalam keadaan basah dapat membuat rambut anda menjadi mudah rontok. Untuk meminimalisir jumlah rambut yang rontok, anda bisa menggunakan sisir bergigi jarang. Terakhir, kebiasaan menguncir rambut juga dapat menyebabkan rambut mudah rontok dan patah.

Tips Merawat Rambut yang Kering dan Rusak

Setelah mengetahui beberapa penyebab mengapa rambut anda bisa menjadi kering dan rusak, sekarang anda juga perlu tahu mengenai beberapa tips dan cara merawat rambut yang kering dan rusak agar kembali sehat dan bercahaya. Tips yang pertama adalah menggunakan kondisioner sehabis keramas. Kondisioner yang dibuat khusus untuk mengatasi permasalahan rambut kering dan rusak dapat membantu anda mengembalikan kesehatan dan kelembaban rambut. Yang kedua, pakailah masker rambut secara rutin. Ada dua macam masker rambut yang bisa anda pergunakan, yaitu masker rambut alami atau masker rambut buatan pabrik yang sudah jadi dan dijual di supermarket atau toko-toko kecantikan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal sebaiknya anda menggunakan masker alami, karena selain menggunakan bahan-bahan alami yang bagus untuk rambut, harganya pun jauh lebih murah. Anda bisa menggunakan masker yang terbuat dari campuran telur dan minyak zaitun atau campuran cuka apel, minyak zaitun dan madu. Pergunakan masker ini secara rutin, setidaknya dua kali seminggu, untuk mendapatkan hasil yang cepat dan maksimal. Lakukan pijatan saat menggunakan masker, agar masker tersebut dapat meresap ke dalam kulit rambut.
Tips yang ketiga adalah dengan menghindari penggunaan alat penata rambut secara berlebihan. Jika tidak mendesak sebaiknya kurangi atau hindari penggunaan hairdryer, catok atau pengeriting rambut. Biarkan rambut anda mengering secara alami atau gunakan kipas angin untuk membantu anda mempercepat proses pengeringannya. Cara ini jauh lebih aman bagi kesehatan rambut anda dibandingkan dengan menggunakan hairdryer untuk mengeringkan rambut. Tetapi jika anda terpaksa menggunakan alat penata rambut untuk mendapatkan penampilan yang cantik, imbangi penggunaan alat-alat tersebut dengan minyak rambut. Oleskan minyak rambut sebelum menggunakan hairdryer, catok atau pengeriting, untuk melindungi rambut anda dari panas. Tips yang keempat, gunakan produk rambut yang dapat melindungi rambut anda dari sengatan matahari. Pilihlah produk yang mengandung bahan-bahan yang akan memberikan proteksi terhadap sinar UV. Tips yang kelima , jangan terlalu sering mencuci rambut anda. Idealnya, mencuci rambut setiap dua atau tiga hari sekali sudah cukup untuk menjaga rambut anda tetap bersih. Mencuci rambut anda terlalu sering justru dapat mengurangi kelembaban rambut alami anda, sehingga rambut menjadi kering dan kasar.
Tips yang keenam, jangan terlalu sering menguncir rambut anda. Biarkan rambut anda tergerai dan terurai dengan indah agar rambut anda tidak mudah patah dan rontok. Jika anda merasa gerah atau kepanasan, anda bisa menggunakan jepit bergigi jarang. Atau jika anda terpaksa harus mengikatnya, ikatlah dengan menggunakat karet rambut yang tidak terlalu kencang. Tips yang ketujuh, atur pola makan anda agar nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut dapat tercukupi. Perbanyak makan sayuran dan buah-buahan yang sehat dan segar, terutama yang banyak mengandung vitamin B. Kandungan biotin yang ada dalam makanan dapat memperkuat rambut anda dari dalam, sehingga tidak mudah rontok dan patah


Tidak ada komentar:

Posting Komentar