Rabu, 16 Januari 2013

cerdas dan hemat membeli kosmetik


memilih-kosmetik
photo by smartgirlconsulting
Kosmetik merupakan salah satu hal penting bagi wanita. Banyak dari mereka yang menganggap komestik sebagai senjaga andalan untuk tampil cantik. Saking pentingnya, tidak sedikit wanita yang rela menghabiskan banyak uang untuk membeli aneka macam kosmetik. Sebenarnya, jika kita jeli memilih, kita bisa berhemat dalam belanja kosmetik dan tetap mendapatkan apa yang kita butuhkan. Berikut kami punya tips-tipsnya untuk membuat pilihan yang cerdas dalam belanja kosmetik.

Tips Memilih Kosmetik

Pertama, pilih kosmetik yang tidak hanya memiliki satu fungsi. Misalnya carilah krim wajah yang bisa sekaligus memutihkan, mengencangkan kulit, menghilangkan flek hitam, dan menyamarkan tanda penuaan. Ini akan lebih hemat daripada Anda membeli satu krim untuk setiap masalah kulit. Sekarang sudah banyak krim wajah yang memiliki formula lengkap seperti itu. Tapi ingat, Anda juga tidak boleh asal pilih. Cari tahu kosmetik yang benar-benar sesuai dengan jenis kulit Anda. Jika salah pilih dan reaksi yang ditimbulkan fatal, Anda tentu harus keluar budget ekstra untuk penyembuhan. Jadi ketahui dengan benar kondisi kulit Anda dan kosmetik seperti apa yang tepat dan aman.
Anda bisa mengetahui kecocokan kosmetik dengan kulit Anda dari mencoba sampel. Coba pakai sedikit pada kulit dan rasakan sensasi atau perubahan yang timbul. Cium juga aromanya untuk mengetahui apakah akan menimbulkan alergi atau tidak. Perhatikan juga cara penggunaan kosmetik tersebut yang dianjurkan oleh SPG. Jangan berlebihan memakainya karena akan boros dan bisa menimbulkan efek tidak baik pada kulit. Jika kosmetik disebut sudah dirasa cocok, barulah Anda memutuskan untuk membelinya.

Teliti Saat Membeli

Saat akan membeli, tetaplah bersikap santai, maka biasanya SPG akan menawarkan penawaran khusus atau diskon. Anda juga bisa langsung menanyakan diskon yang mungkin ada. Informasi tentang diskon juga bisa Anda dapatkan dari media cetak atau elektronik. Tapi juga jangan terpancing dengan diskon besar padahal Anda tidak membutuhkan kosmetik itu. Utamakan bijak dalam memilih dan membeli kosmetik yang Anda butuhkan.
Setelah Anda berbelanja kosmetik, catat warna yang sudah Anda beli sehingga Anda bisa ingat untuk membeli kembali warna itu atau mencoba warna lain. Ini berlaku untuk alat kosmetik seperti bedak, lisptik, eye shadow, blush on, dan lipsgloss. Dan yang tak kalah penting, perhatikan tanggal kadaluarsa dari setiap produk kosmetik. Usahakan membeli kosmetik yang tanggal kadaluarsanya masih panjang. Dan jika ternyata produk yang Anda beli tanggal kadaluarsanya sudah pendek, jangan memaksakan untuk memakainya. Jika sudah mulai berubah warna atau aroma, segera buang saja. Berhemat bukan berarti membahayakan diri Anda. Itulah beberapa tips memilih dan membeli kosmetik secara tepat dan hemat. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar