Jumat, 25 Januari 2013

cara menghilangkan bekas jrawat secara tuntas



menghilangkan-bekas-jerawat-secara-alami

Bekas jerawat adalah masalah tersendiri bagi Anda yang memiliki kesehatan kulit wajah. Umumnya ini diderita oleh mereka yang memiliki wajah berminyak. Seperti yang Anda ketahui, kulit yang berminyak akan memicu timbulnya jerawat karena tumpukan minyak berlebih yang tersumbat karena debu dan kotoran lain. Setelah timbul jerawat, kebiasaan memencet akan menimbulkan bekas noda kehitaman pada wajah. Ditambah lagi paparan sinar matahari setiap harinya yang menimbulkan noda semakin terlihat jelas. Tentu saja ini merusak penampilan. Anda mungkin bisa menggunakan concealer setiap harinya untuk menutupi bekas jerawat. Namun kebanyakan produk kecantikan seperti itu justru akan memperparah jerawat Anda. Masalah satu selesai, masalah lain akan timbul. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk benar-benar menghilangkan bekas jerawat Anda secara tuntas dan meyeluruh sehingga Anda tidak perlu mengenakan concealer lagi untuk menutupi wajah Anda.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Medis

Tentu saja kebanyakan orang akan pergi ke dokter kulit untuk menghilangkan bekas jerawatnya secara permanen. Ada beberapa cara menghilangkan bekas jerawat yang bisa Anda pilih. Cara yang pertama adalah dengan menggunakan krim dan obat yang disarankan dari dokter yang bersangkutan. Ini tergantung dari tingkat keparahan jerawat Anda. Selain krim penghilang bekas, tentunya Anda juga akan diberi obat untuk menghilangkan jerawatnya secara tuntas, sehingga ketika bekasnya hilang tidak akan ada jerawat yang tumbuh lagi dan menghilangkan bekas. Namun, Anda harus esktra hati hati dengan cara seperti ini, karena mungkin saja krim yang diberikan memberi efek samping. Ini karena kebanyakan obat kecantikan, meskipun diresepkan oleh dokter, mengandung bahan kimia yang mungkin berefek samping. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk menceritakan riwayat kesehatan Anda dan riwayat alergi obat kepada dokter kulit.
Cara yang kedua adalah dengan peeling. Cara ini adalah dengan mengelupas lapisan pertama kulit Anda, sehingga kulit matinya semua terangkat dan akan timbul lapisan kulit baru yang bersih tanpa noda. Namun, setelah peeling Anda akan merasa perih pada kulit muka. Terlebih, kulit akan meradang dan merah. Anda sama sekali tidak diperbolehkan untuk terpapar sinar matahari secara langsung beberapa hari setelah peeling. Selain itu, Anda juga akan diresepkan krim tertentu untuk mengurangi rasa perih dan peradangan pada kulit. Tetapi sekarang ini Anda juga bisa menemukan beberapa klinik yang menawarkan acne peeling tanpa downtime. Downtime adalah istilah yang menggambarkan rasa perih dan peradangan pada kulit pasca peeling. Harganya tentu lebih mahal. Cara menghilangkan bekas jerawat seperti ini memang pada umumnya membutuhkan biaya yang tidak sedikit karena hasilnya yang memuaskan.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami

Apabila Anda ingin cara yang lebih sehat untuk menghilangkan bekas jerawat, cobalah cara yang alami. Cara ini tentu saja jauh lebih murah dibanding cara medis dan tidak ada efek samping, meskipun waktu yang dibutuhkan untuk mencapai hasil yang diharapkan tentu saja lebih lama. Cara menghilangkan bekas jerawat yang pertama adalah dengan tomat. Tomat bukan hanya buah yang bergizi untuk kesehatan, namun juga untuk kecantikan. Ini karena tomat mengandung senyawa yang merangsang kulit untuk memproduksi kolagen lebih cepat. Kolagen adalah zat untuk membentuk kulit baru. Cara yang disarankan adalah dengan mengiris tomat tipis tipis dan tempelkan ke wajah yang berbekas jerawat selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu, bilas wajah dengan air hangat.
Cara yang kedua adalah dengan menggunakan papaya. Anda mungkin banyak menemukan produk kecantikan yang berbahan dasar papaya karena buah ini memang mengandung senyawa yang berguna untuk kulit. Salah satu zat yang berguna di dalam pepaya adalah papain. Ini adalah enzim yang berguna untuk mengurangi peradangan. Anda bisa mengkonsumsi pepaya langsung sebagai buah atau menggunakannya sebagai masker. Caranya, haluskan pepaya dan oleskan ke seluruh wajah. Biarkan selama sekitar 15 menit. Setelah itu, bilas sampai bersih. Cara ini terbukti ampuh untuk membuka pori pori wajah yang tersumbat, mengangkat sel sel kulit mati, dan menghilangkan minyak berlebih pada wajah.
Cara yang ketiga adalah dengan menggunakan putih telur dan madu. Putih telur tidak hanya terkenal karena mengandung banyak protein, namun juga karena bahan ini mengandung banyak zat penting bagi kulit wajah. Sedangkan madu, Anda mungkin sudah mengetahui beragam khasiat madu sehigga banyak orang menjulukinya sebagai cairan ajaib. Paduan putih telur dan madu terbukti ampuh untuk menghilangkan bekas jerawat. Cara menghilangkan bekas jerawat dengan kedua bahan ini adalah dengan mencampur madu dan putih telur dan oleskan ke wajah selama kurang lebih 20 menit sebelum dibilas hingga bersih.
Cara-cara tersebut di atas harus dilakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Apapun cara yang Anda pilih, menggunakan cara medis atau alami, penting untuk mengaplikasikannya dengan rutin dan sesuai petunjuk yang diberikan. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan hal hal yang harus Anda hindari ketika jerawat muncul. Yang pertama, jangan memencet jerawat. Biarkan jerawat Anda keluar dengan sendirinya. Memencet jerawat, apalagi dilakukan dengan tangan yang kotor, malah akan semakin memperparah keadaan kulit Anda. Ini karena getah dari jerawat yang pecah, ketika terkena kulit, akan menimbulkan jerawat lain karena bakteri yang terkandung di dalamnya.
Yang kedua, penting bagi Anda untuk menghindari sinar matahari secara langsung. Ini karena sinar ultraviolet pada matahari akan memiliki efek yang buruk pada kulit yang baru sembuh dari jerawat dan justru akan meninggalkan noda hitam yang lebih parah pada kulit wajah. Jangan lupa untuk rajin membersihkan wajah sedikitnya sehari dua kali dengan air bersih dan gunakan scrub setidaknya seminggu 3 kali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar