Jumat, 25 Januari 2013

5 penyakit pembunuh wanita



kanker-payudara

Wanita memang ditakdirkan lebih lemah daripada pria. Namun soal penyakit, baik pria maupun wanita sebenarnya memiliki resiko yang sama. Meski begitu, ada 5 penyakit yang lebih perlu diwaspadai oleh kaum wanita. Mari kita ketahui apa saja penyakit itu, penyebab, dan cara mencegahnya. Yang pertama adalah kanker payudara. Ketahuilah bahwa pria juga memiliki resiko terkena kanker ini, tapi resikonya jelas lebih besar pada wanita. Kanker payudara menjadi penyabab kematiaan wanita yang cukup besar di seluruh dunia. Kebanyakan, wanita mengidap kanker payudara karena gaya hidupnya yang salah. Kebiasaan merokok, minum alkohol, dan stress memicu kanker payudara secara signifikan. Selain itu, wanita yang memiliki berat badan berlebih, tidak mau menyusui, dan tidak mau melahirkan anak juga beresiko lebih besar terkena kanker ini. Karena itu mulai sekarang, hiduplah dengan lebih sehat, normal, dan bahagia untuk menghindari kanker payudara.
Dengan hidup sehat dan bahagia tanpa beban pikiran berlebih, wanita juga bisa akan terhindar dari depresi. Depresi adalah penyakit yang memicu stress dan ketidakseimbangan hormon dalam tubuh. Depresi biasanya terjadi selepas masa kehamilan, saat terpisah dengan yang dicinta, atau tertekan oleh pekerjaan. Depresi berat dapat menyebabkan wanita mengalami tingkat emosi yang labil, sering sakit kepala, dan gangguan pencernaan. Jadi jangan biarkan Anda mengalami depresi berat. Selain kanker payudara dan depresi, ada yang dinamakan Polycystic Ovarian Syndrome (PCOS). Ini adalah kondisi dimana terbentuk kista pada ovarium saat ovulasi. Kondisi ini beresiko merusak rahim dan kesuburan wanita. Bisa juga timbul rasa nyeri dan infeksi jika tidak segera diobati. Bahkan pada beberapa kasus, wanita dengan PCOS juga mengalami haid yang tidak normal, kenaikan berat badan drastis, serta masalah kulit seperti jerawat dan bulu halus berlebih. Kondisi ini hanya bisa diobati dan dicegah melalui cara medis, jadi jangan ragu untuk memeriksakan diri Anda ke dokter. Kemudian, Anda pasti kenal dengan Osteoporosis. Penyakit tulang rapuh ini terutama dialami oleh wanita yang kekurangan kalsium, suka merokok, dan sering minum alkohol. Untuk mencegah Osteoporosis, sebaiknya mulailah konsumsi makanan sehat tinggi kalsium dan vitamin D serta hentikan kebiasaan buruk Anda. Dengan memperbaiki asupan dan menghentikan kebiasaan merokok serta minum alkohol, Anda juga akan terhindar dari penyakit hati (lever). Penyakit ini membunuh ribuan wanita setiap tahunnya di Amerika.
Penyakit hati biasanya disebabkan oleh obesitas, stress, tekanan darah tinggi, dan riwayat diabetes. Jika tidak mendapat pengobatan yang tepat, wanita dengan penyakit hati bsia mengalami serangan jantung dan stroke yang berujung kematian. Sangat mengerikan, bukan? Tidak ada jalan lain kecuali mengubah gaya hidup Anda menjadi lebih baik mulai sekarang untuk menghindari penyakit-penyakit pembunuh wanita ini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar