Kamis, 17 Januari 2013

kecantikan tradisional ala wanita indonesia



photo by libraryvirtual
photo by libraryvirtual
Sebagai wanita Indonesia, seharusnya kita bisa bangga dengan perawatan-perawatan tradisional yang sudah ada sejak jaman dahulu kala yang bisa membuat kita tampil lebih cantik. Selain mengutamakan penggunaan bahan-bahan yang alami, perawatan kecantikan tradisional ala wanita Indonesia juga tidak membutuhkan terlalu banyak biaya. Anda bisa melakukannya sesering mungkin tanpa perlu kuatir akan menjadi boros. Berikut adalah ulasannya untuk anda.

Langkah Perawatan Kecantikan Tradisional Wanita Indonesia

Hal pertama yang bisa anda lakukan dalam perawatan kecantikan tradisional adalah memakai lulur secara rutin. Wanita Indonesia sejak jaman dahulu sudah tidak asing lagi dengan perawatan yang satu ini.  Biasanya mereka membuat lulur yang dibuat dari bahan-bahan alami seperti buah-buahan, tanaman berkhasiat ataupun rempah-rempah. Tujuannya adalah untuk membuat kulit mereka tampak cantik, halus dan bercahaya. Seperti lulur bengkoang misalnya, lulur ini berguna untuk membuat kulit tampak lebih putih dan berseri. Biasanya lulur ini tidak hanya dipakai di badan saja, tetapi juga dipakai di wajah. Jika anda rutin melakukan lulur setidaknya seminggu sekali, anda akan mendapatkan hasil yang maksimal. Anda akan bisa mendapatkan kulit yang sehat, halus, bersinar dan lembut karena lulur tersebut akan membantu mengangkat sel-sel kulit mati yang ada di kulit. Selain itu, lulur juga akan membuat tubuh anda merasa lebih tenang dan rileks.

Langkah Kedua dan Ketiga

Yang kedua, minumlah jamu tradisional secara rutin. Jamu adalah minuman berkhasiat yang telah teruji selama puluhan tahun atau bahkan lebih. Selain bisa menggantikan cairan tubuh yang hilang selama anda beraktivitas sehari penuh, jamu juga memiliki khasiat khusus yang baik untuk kesehatan anda. Sebaiknya, pilihlah jamu yang terbuat dari bahan-bahan alami yang tidak banyak diproses secara kimiawi karena tidak akan menimbulkan efek samping yang negatif pada tubuh anda. Yang ketiga adalah mandi bunga. Wanita Indonesia di jaman dahulu, terutama puteri-puteri raja, sangat menyukai mandi bunga. Selain membuat tubuh menjadi harum, mereka biasanya juga melakukan mandi bunga setelah mereka selesai memakai lulur. Air bunga tersebut dapat digunakan untuk membersihkan sisa-sisa lulur yang masih menempel sekaligus membuat tubuh mereka semakin rileks lagi. Anda juga bisa menambahkan beberapa tetes minyak aromatherapy ke dalam bath-up ketika anda akan mandi bunga, supaya anda bisa berendam dengan wewangian yang akan membuat anda merasa tenang. Mandi bunga ini sangat cocok dilakukan di akhir pekan ketika anda merasa capek dan stress setelah selama seminggu penuh bekerja. Atau jika anda tidak memiliki bath-up di rumah, anda juga bisa pergi ke salon atau tempat-tempat spa yang menyediakan perawatan ini. Saat ini, ada banyak salon serta rumah kecantikan yang menyediakan perawatan tradisional ala wanita Indonesia di jaman dahulu yang bisa anda temui dengan mudah.

Langkah Keempat dan Kelima

Yang keempat adalah pijat tradisional. Melakukan pijat tradisional dapat membuat anda semakin  rileks serta menghilangkan ketegangan dan kepenatan anda selama bekerja seminggu penuh. Anda bisa meregangkan otot-otot anda kembali dan menjadi lebih bugar setelah melakukan pijat tradisional. Pijat tradisional saat ini banyak tersedia di salon atau tempat spa yang sangat mudah untuk ditemui. Biasanya mereka juga akan memadukan pijat tradisional tersebut dengan penggunaan minyak aromatherapi agar anda bisa merasa lebih nyaman saat dipijat. Anda akan merasakan kenyamanan yang luar biasa setelah melakukan pijatan tradisional dan tidur anda pun akan menjadi lebih nyenyak. Yang kelima adalah totok wajah. Selain tubuh, wajah anda pun juga butuh untuk dibuat rileks. Pemijatan yang berfokus pada titik-titik aura di wajah ini dapat membantu anda melepaskan ketegangan yang ada di wajah. Yang terakhir adalah ratus. Tidak hanya tubuh dan wajah saja yang perlu anda rawat secara teratur, tetapi daerah kewanitaan anda pun juga perlu untuk dirawat apalagi jika anda sudah menikah. Saat melakukan ratus, daerah kewanitaan anda akan diuapi dengan paduan berbagai macam rempah yang bisa berkhasiat untuk membuat daerah kewanitaan anda sehat dan terhindar dari berbagai keluhan, seperti gatal-gatal dan keputihan ringan. Selain itu, daerah kewanitaan anda pun juga akan menjadi lebih bersih, kesat dan wangi.

Hal-Hal yang Perlu Anda Lakukan untuk Mendukung Perawatan Tradisional

Selain melakukan langkah-langkah perawatan kecantikan tradisional diatas, ada beberapa hal lain yang juga perlu untuk anda lakukan yang bertujuan untuk mendukung langkah perawatan tadi agar hasilnya bisa lebih maksimal dan tahan lama. Pertama, berolahragalah secara teratur. Olahraga akan membuat tubuh anda selalu terasa fit dan bugar. Selain itu, olahraga juga akan membantu anda membakar lemak yang menumpuk sehingga anda pun akan tetap memiliki bentuk tubuh yang ideal. Kedua, terapkan pola hidup yang sehat. Olahraga secara teratur tidak akan cukup jika tidak diimbangi oleh pola hidup yang sehat. Mulailah makan makanan yang bergizi dan menyehatkan serta hindari kebiasaan merokok dan minum minuman beralkohol. Perbanyak makan sayuran dan buah-buahan dan hindari terlalu banyak mengkonsumsi makanan cepat saji atau makanan-makanan yang mengandung banyak lemak. Terakhir, banyaklah tersenyum. Meskipun tersenyum tidak memiliki kaitan langsung dengan kesehatan anda, tetapi dengan tersenyum anda akan terlihat lebih cantik dan ramah. Anda bisa memancarkan pesona yang anda miliki dengan tersenyum. Selain itu, tersenyum juga bisa membuat anda terhindar dari stress dan emosi yang berlebihan. Saat anda tersenyum, tubuh akan mengeluarkan hormon yang memberikan ketenangan pada tubuh dan pikiran anda sehingga anda pun akan merasa lebih rileks.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar