Kamis, 17 Januari 2013

tips memilih pelembab wajah untuk jenis kulit yang berbeda



photo by lolanopuedevivirsin

Pelembab wajah atau yang juga sering disebut dengan moisturizer sangat berguna bagi kesehatan kulit anda. Tidak hanya berfungsi sebagai alas bedak saja, namun pelembab juga masih memiliki banyak kegunaan lain untuk kulit anda seperti yang akan dijelaskan pada paragraf berikut ini.

Kegunaan Pelembab Wajah

Banyak perempuan masih tidak menyadari pentingnya menggunakan pelembab wajah karena mereka masih kurang mengetahui apa kegunaan dari pelembab wajah itu sendiri. Kebanyakan perempuan masih malas untuk menggunakan pelembab dan mereka menggunakannya saat hendak menggunakan make-up saja.  Padahal menurut para ahli, saat kita tidur pun kulit masih membutuhkan pelembab dan mereka menyarankan untuk memakai pelembab setiap hari. Dengan begitu kita akan bisa merasakan beberapa manfaat pelembab wajah yang akan sangat berguna bagi kesehatan kulit. Yang pertama, kandungan yang ada di dalam pelembab akan berguna untuk menjaga kelembaban alami kulit. Cuaca yang panas atau paparan sinar matahari dapat membuat kulit menjadi kering. Itu sebabnya anda sangat membutuhkan pelembab untuk menjaga kelembaban alami yang ada di kulit anda sehingga kulit wajah tidak menjadi kering dan bersisik.
Yang kedua, pelembab wajah dapat berguna untuk menjaga struktur dan fungsi kulit dari beberapa faktor eksernal seperti faktor usia, penggunaan AC, sinar matahari dan sebagainya. Yang ketiga, pelembab dapat membentuk lemak yang ada pada permukaan kulit. Pembentukan lemak pada permukaan kulit ini akan membuat kulit wajah anda menjadi lebih kenyal, lentur dan bersinar. Yang terakhir, pelembab dapat membuat anda terhindar dari berbagai jenis kerusakan kulit. Pelembab wajah dapat melindungi anda dari faktor-faktor eksternal seperti perubahan cuaca yang ekstrim dan sinar matahari yang terik.

Tips Memilih Pelembab Wajah Sesuai dengan Jenis Kulit

Setelah anda mengetahui beberapa kegunaan dari pelembab wajah,ada baiknya jika anda juga mengetahui bagaimana tips memilih produk pelembab yang sesuai dengan jenis kulit anda. Yang pertama adalah untuk anda yang memiliki jenis kulit kering. Bagi anda yang memiliki kulit sangat kering, pelembab akan sangat berguna untuk anda. Anda bisa memilih pelembab dengan label oil-based yang mengandung banyak minyak sehingga kulit anda bisa memiliki kelembaban yang seimbang. Produk dengan label ini jauh lebih bagus bagi anda yang berkulit kering, karena pelembab ini kelembabannya bertahan jauh lebih lama dibandingkan dengan produk yang berbahan dasar air.
Yang kedua bagi anda yang memiliki kulit berminyak, seringkali anda berpikir bahwa anda tidak memerlukan pelembab lagi karena minyak yang ada di kulit anda sudah berlebihan. Tetapi anggapan ini sangatlah besar. Meskipun kulit anda berminyak, anda masih membutuhkan nutrisi yang terkandung pada pelembab wajah agar kesehatan kulit anda tetap terjaga. Selain itu, anda juga tidak perlu kuatir jika pelembab akan membuat kulit anda semakin bersinar. Anda hanya perlu memilih jenis pelembab yang tepat untuk tipe kulit anda yang berminyak. Pelembab yang paling cocok untuk kulit berminyak adalah pelembab dengan label non-comedogenic. Pelembab jenis ini tidak akan menyumbat pori-pori kulit anda, sehingga tidak menimbulkan jerawat maupun komedo. Sebaiknya, anda juga memilih pelembab yang memiliki label bebas minyak, mudah diserap serta bertekstur ringan. Pelembab yang berbahan dasar air merupakan jenis pelembab yang paling cocok untuk anda.
Yang ketiga, bagi anda yang memiliki kulit sensitif, berhati-hatilah saat memilih produk pelembab. Apabila tidak cocok, kulit anda yang sensitif akan menjadi iritasi dan menjadi kemerahan. Sebaiknya, pilihlah pelembab wajah yang mengandung formula yang lembut dan bebas bahan kimia. Produk yang seperti ini jauh lebih aman untuk menghindarkan anda dari iritasi dan kulit kemerahan. Anda juga perlu membaca secara teliti kandungan yang tercantum dalam kemasan. Semakin banyak kandungan kimiawi yang ada dalam produk, maka semakin besar pula kemungkinan produk tersebut akan menyebabkan iritasi pada kulit anda. Sebaliknya, pilihlah produk pelembab yang banyak mengandung bahan organik dan mineral. Yang terakhir, bagi anda yang berusia lebih dari 30 tahun biasanya ada berbagai macam masalah kulit yang muncul seiring dengan pertambahan usia anda. Flek hitam dan garis halus mulai bermunculan akibat penurunan kondisi kulit di usia yang semakin tua. Nah untuk jenis kulit yang seperti ini, pelembab wajah yang paling cocok untuk anda adalah produk pelembab dengan label anti-aging atau anti penuaan. Jangan hanya memilih produk yang berbasis minyak saja, tetapi pilihlah produk yang dapat melawan kerutan dan garis halus serta membuat kulit anda menjadi kenyal dan halus.
Ketika anda sudah memilih produk pelembab wajah yang sesuai dengan  jenis kulit anda, maka anda tidak perlu kuatir lagi dengan efek negatif yang akan ditimbulkan dari produk tersebut. Tidak ada lagi alasan yang bisa anda gunakan untuk menjadi malas memakai pelembab setiap hari. Jika anda rajin menggunakan pelembab secara rajin dan teratur, maka anda akan mendapatkan kulit wajah yang halus, kenyal, lembut dan bersinar seperti yang didambakan oleh setiap wanita. Dan jangan lupa untuk menyesuaikan jenis pelembab dengan waktu pemakaiannya. Beberapa pelembab didesain untuk dipakai pada pagi dan siang hari. Biasanya pelembab jenis ini memiliki kandungan SPF yang tinggi. Sedangkan pelelmbab wajah yang didesain untuk penggunaan di malam hari biasanya juga dikenal dengan sebutan night cream. Pelembab jenis ini umumnya dipakai sesaat sebelum anda tidur dan juga hadir dengan wangi-wangi aromaterapi yang membuat anda rileks.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar