Kamis, 17 Januari 2013

turunkan kolesterol dengan yoga



menurunkan-berat-badan-dengan-yoga
Apakah saat liburan tahun baru kemarin Anda berkumpul bersama keluarga dan menyantap banyak makanan berlemak? Hati-hati dengan kadar kolesterol Anda. Sekarang saatnya menurunkan kadar kolesterol Anda dan hidup lebih sehat. Salah satu cara mengatasi kolesterol tinggi dan mendapatkan tubuh lebih sehat adalah dengan melakukan yoga. Kombinasi latihan pernapasan, gerakan tubuh, dan meditasi dalam yoga menjadikan latihan ini dipercaya dapat mengobati berbagai kondisi medis, termasuk kolesterol tinggi.

Efektivitas Yoga Mengatasi Kolesterol

Yoga adalah bentuk latihan kuno yang mendisiplinkan tubuh dan pikiran. Yoga telah digunakan selama berabad-abad sebagai bentuk terapi pengobatan ala Timur. Ada banyak bentuk yoga, mulai dari latihan meditasi sampai peregangan. Saat ini, yoga paling sering digunakan sebagai bentuk meditasi dan latihan low-impact.
Penelitian telah menunjukkan bahwa berlatih yoga dapat memberikan banyak manfaat kesehatan, seperti membantu mengatasi insomnia, kecemasan, tekanan darah tinggi, gula darah tinggi dan osteoarthritis. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa yoga dapat digunakan untuk membantu mengurangi kadar kolesterol dan trigliserida.
Hanya ada sedikit studi yang meneliti efektivitas yoga terhadap penurunan kolesterol, tetapi hasilnya diakui menjanjikan. Dalam beberapa kasus, kadar kolesterol total berkurang hingga 30%. Low-density lipoprotein (LDL), atau kadar kolesterol buruk diturunkan antara 14% dan 35%. Di sisi lain, efektivitas yoga  dalam meningkatkan high density lipoproteins (HDL), atau kolesterol baik dan  trigliserida cukup bervariasi. Dalam beberapa penelitian, HDL meningkat sampai dengan 12%. Dan dalam penelitian lainnya, trigliserida sedikit terpengaruh.
Bentuk-bentuk yoga termasuk Sudarshan Kriya, yang menggabungkan latihan pernapasan berirama dan hatha yoga, yang menekankan peregangan lembut dan meditasi adalah yang terbaik untuk menurunkan kolesterol jahat. Waktu yang dibutuhkan untukmelakukan latihan ini berkisar antara 30 menit sampai tiga jam, yang dilakukan sampai tiga kali seminggu.

Manfaat Lain Yoga

Selain dapat membantu menurunkan kolesterol, yoga juga dapat meningkatkan kelenturan tubuh wanita dan membantu mengurangi stres, yang pada gilirannya dapat menurunkan berbagai faktor risiko penyakit jantung. Dalam beberapa studi lain, yoga juga bekerja baik dalam penurunan berat badan. Menurunkan berat badan berlebih terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh pula.
Meskipun yoga dianggap sebagai bentuk latihan low-impact, Anda masih harus berkonsultasi dokter Anda sebelum memasukkannya ke rencana penurunan kolesterol Anda, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan yang dapat membatasi mobilitas. Setelahnya, yakinlah bahwa dengan melakukan yoga dan memperbaiki gaya hidup secara keseluruhan dapat menurunkan kolesterol Anda dan membuat Anda hidup lebih sehat. Mengubah gaya hidup secara keseluruhan yang dimaksud adalah mengubah jenis asupan makanan menjadi lebih rendah lemak, lebih banyak berolahraga, mengurangi stress, dan cukup beristirahat. Yuk, bergabung ke tempat latihan yoga sekarang!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar