Kamis, 17 Januari 2013

alasan mengapa orang menikah diusia muda



menikah-diusia-muda

Menikah di usia muda rasanya bukanlah hal yang asing lagi di kalangan masyarakat Indonesia. Sejak jaman dahulu, kebanyakan wanita Indonesia menikah di usia yang masih muda, bahkan sangat muda, karena beberapa alasan. Alasan yang paling sering digunakan adalah karena kebanyakan orang menganggap bahwa peranan wanita hanya berhenti di dalam rumah tangga saja. Pekerjaan utama wanita adalah bekerja di dapur dan  mengurus anak serta suami, sehingga tidak ada gunanya mereka sekolah hingga jenjang yang tinggi dan lebih baik mereka menikah saja. Saat ini anggapan yang seperti ini memang sudah lama ditinggalkan, namun itu tidak berarti jumlah orang yang menikah di usia muda semakin menurun. Di tengah perkembangan dan kemajuan teknologi saat ini, masih ada banyak pasangan yang memilih untuk menikah muda. Mari kita lihat beberapa alasannya.

Alasan Orang Menikah di Usia Muda

Alasan pertama mengapa beberapa orang memilih untuk menikah di usia muda adalah karena hamil di luar nikah. Di era yang serba bebas seperti sekarang ini, siapa saja memiliki akses yang mudah untuk terhubung dengan internet. Mereka bisa mendapatkan informasi apa saja yang mereka mau dari internet, termasuk masalah seks. Remaja dan orang dewasa, atau bahkan anak-anak, bisa mengakses informasi yang berkaitan dengan seks melalui internet ataupun mengunduh video-video yang tidak layak tonton. Hal ini tentu memicu rasa keingintahuan bagi sebagian orang untuk mencobanya dan akibatnya ada banyak kasus perempuan yang hamil di luar nikah sehingga harus menikah di usia yang masih muda.
Alasan yang kedua adalah untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Berbeda dari pasangan yang menikah karena ‘kecelakaan’, beberapa pasangan justru berpikiran untuk cepat-cepat menikah agar mereka bisa terhindarkan dari hal-hal yang tidak diinginkan. Mereka menyadari bahwa pengaruh hormonal yang sering membuat nafsu mereka tidak terkontrol dapat membahayakan bagi dirinya sendiri dan juga pasangannya, oleh sebab itu mereka memilih untuk menikah agar semuanya menjadi sah. Alasan yang ketiga adalah karena salah satu pihak sudah matang dalam karirnya. Biasanya wanita muda yang berpacaran dengan pria yang umurnya lebih tua beberapa tahun diatasnya, cenderung akan menikah muda karena pasangannya sudah memiliki pekerjaan yang mapan. Umur pasangan yang sudah dikejar-kejar target menikah pun menjadi salah satu alasan yang kuat mengapa wanita memilih menikah di usia muda.

Untung-Rugi Menikah Muda

Menikah di usia yang muda memiliki beberapa keuntungan yang bisa dinikmati oleh anda dan pasangan. Beberapa diantaranya adalah tidak adanya batasan tertentu ketika anda menghabiskan waktu berduaan, perbedaan umur antara anda dan anak tidak akan terlalu jauh serta bisa belajar lebih bertanggungjawab pada diri sendiri dan orang lain. Sedangkan beberapa hal yang mungkin dianggap merugikan oleh sebagian orang ketika menikah muda adalah terbatasnya waktu untuk bergaul dan pergi bersenang-senang dengan teman, beban tanggungjawab yang dipikul harus lebih besar dibandingkan sebelum menikah, tidak bisa berperilaku seenaknya sendiri dan harus memikirkan banyak hal untuk masa depan. Jika tidak cukup matang dan dewasa dalam menyikapi konflik yang terjadi di dalam rumah tangga, menikah di usia muda juga bisa membawa pernikahan seseorang berujung pada perceraian.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar