Jumat, 25 Januari 2013

mengatasi masalah jerawat di punggung



Kemunculan jerawat pada kulit bisa jadi suatu hal yang sangat mengganggu bagi sebagian orang. Kemunculannya kadang disertai rasa sakit atau bahkan gatal. Dan ketika mulai mengering, tidak jarang jerawat tersebut akan menimbulkan bekas hitam di kulit yang tentunya akan mengganggu penampilan anda. Sedangkan lokasi munculnya jerawat bisa bermacam-macam, tergantung kondisi kulit dan kebiasaan setiap orang. Jerawat bisa muncul tidak hanya di wajah, tetapi juga di punggung, dada atau leher. Nah, dalam artikel kali ini kita akan membahas bagaimana mengatasi masalah jerawat di punggung yang akan sangat berguna bagi anda. Selamat membaca!

Penyebab Jerawat di Punggung

Kemunculan jerawat di punggung bisa disebabkan oleh berbagai macam hal. Yang pertama adalah karena produksi minyak yang berlebih. Produksi minyak yang berlebih dapat membuat debu atau kotoran dapat menempel dengan mudahnya sehingga pori-pori akan tersumbat oleh kotoran tersebut. Kotoran yang bercampur dengan minyak tadi kemudian bisa memicu munculnya jerawat di area punggung ataupun daerah yang lain. Penyebab yang kedua adalah karena keringat. Bagi anda yang memiliki tubuh yang mudah berkeringat, biasakanlah mengganti pakian anda ketika basah oleh keringat dan sudah terasa tidak nyaman. Bakteri bisa berkembang dengan mudahnya di area yang lembab dan hal ini akan memicu munculnya jerawat di punggung.
Yang ketiga adalah masalah pola makan. Terlalu sering makan makanan yang berlemak bisa menjadi salah satu pemicu mengapa jerawat bisa muncul di area punggung. Kemudian penyebab yang keempat adalah efek samping dari beberapa macam obat. Pada sebagian orang, beberapa jenis obat dapat memicu tumbuhnya jerawat di daerah punggung. Penyebab yang terakhir adalah faktor genetik. Memang faktor yang satu ini tidak selalu berpengaruh pada setiap orang. Namun untuk beberapa kasus, faktor genetik memiliki peranan yang penting dalam pertumbuhan jerawat yang ada di kulit.

Cara Mencegah dan Mengatasi Jerawat di Punggung

Untuk mencegah dan mengatasi kemunculan jerawat di punggung, ada beberapa hal yang bisa anda lakukan. Pertama yaitu dengan menggunakan  scrub. Scrub atau lulur mandi yang bertekstur kasar dapat membantu anda mengangkat sel-sel kulit mati yang ada pada tubuh. Anda bisa mendapatkan scrub dari toko-toko kecantikan atau anda juga bisa menggunakan scrub alami dari gula atau garam untuk menyingkirkan sel kulit mati. Cara yang kedua adalah dengan memilih bahan pakaian yang aman dan nyaman bagi kulit. Pemilihan bahan pakaian sangatlah penting untuk menghindari munculnya jerawat, karena pakaian dengan bahan yang menyerap keringat dapat membantu anda mencegah munculnya jerawat. Cara yang ketiga adalah dengan mandi dengan sabun anti-bakteri. Cara ini dapat mencegah bakteri yang muncul selama anda berkeringat untuk berkembang biak. Mandilah setidaknya dua kali sehari untuk menghilangkan debu, kotoran serta keringat yang menempel selama anda beraktifitas.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar