Rabu, 16 Januari 2013

cara memutihkan gigi yang kuning secara alami



memutihkan-gigi-secara-alami
photo by drchetan
Gigi yang putih dan bersih merupakan dambaan setiap orang di dunia ini. Gigi yang putih dapat membuat penampilan anda menjadi semakin menarik dan hal ini sangatlah penting untuk dijaga. Bagi orang-orang yang bekerja dalam bidang yang mengharuskan mereka untuk bertemu dengan banyak orang, memiliki gigi yang putih dan bersih sangatlah penting karena penampilan mereka secara keseluruhan dapat mempengaruhi penilaian klien terhadap mereka secara personal maupun pada perusahaan. Berikut ini adalah beberapa tips dan cara memutihkan gigi secara alami yang bisa anda lakukan di rumah.

Memutihkan Gigi dengan Strawberry

Buah yang satu ini selain enak dikonsumsi ternyata juga memiliki kandungan yang ampuh untuk memutihkan gigi. Strawberry mengandung asam amalat yang berkhasiat untuk mengubah warna gigi yang kuning menjadi lebih putih. Cara memutihkan gigi dengan strawberry sangatlah mudah. Pertama-tama, cucilah bersih 1 buah strawberry segar dan kemudian hancurkan hingga menjadi bubur. Lalu oleskan hasil tumbukan tersebut pada gigi dan diamkan hingga 5 sampai 10 menit. Setelah itu, gosok gigi anda dengan sikat dan pasta gigi. Satu hal yang perlu anda ingat, jangan terlalu sering menggunakan strawberry untuk memutihkan gigi karena asam yang terkandung dalam buah ini dapat merusak enamel gigi terutama bagi anda yang memiliki gigi sensitif.

Baking Soda untuk Memutihkan Gigi

Selain sebagai bahan tambahan untuk membuat kue, baking soda juga memiliki manfaat lain untuk memutihkan gigi. Baking soda mampu menghilangkan noda-noda yang ada pada gigi, namun jika terlalu sering digunakan baking soda justru akan merusak lapisan alami gigi. Jika anda ingin menggunakan baking soda untuk memutihkan gigi, gunakanlah baking soda ini maksimal satu sampai dua kali dalam satu bulan. Dan jika anda memiliki gigi yang sensitif, sebaiknya konsultasikanlah terlebih dahulu mengenai penggunaan baking soda ini pada dokter gigi anda. Cara memutihkan gigi dengan baking soda sangatlah mudah. Anda hanya perlu mengoleskan baking soda ke seluruh permukaan gigi dan diamkan selama sekitar 5 sampai 10 menit. Setelah itu, sikatlah gigi anda dengan pasta gigi sampai bersih.

Kulit Lemon

Khasiat buah lemon untuk menjadi pemutih alami memang bukanlah hal yang asing lagi. Kalau biasanya lemon digunakan untuk memutihkan kulit, kali ini anda bisa memanfaatkan kulit lemon untuk memutihkan gigi anda. Caranya, cuci satu buah lemon segar sampai bersih. Kemudian pisahkan kulit lemon dari buahnya dan kemudian gosokkan ke seluruh permukaan gigi. Setelah selesai, sikat gigi anda sampai bersih dengan pasta gigi.

Keju

Untuk mendapatkan gigi yang putih, ada baiknya jika anda makan keju setelah anda selesai makan besar. Keju dan beberapa produk susu lainnya, seperti yoghurt dan susu, dapat membantu anda mencerahkan warna gigi serta memperkuat gigi. Tingginya kalsium yang terkandung dalam keju dan produk-produk susu tersebut juga sangat baik bagi pertumbuhan tulang dan kesehatan gigi anda.

Perbanyak Makan Buah dan Sayuran yang Renyah

Bahan alami yang terakhir yang bisa membuat gigi anda menjadi putih adalah sayuran dan buah-buahan yang renyah, seperti wortel, pir atau apel. Buah dan sayuran semacam ini dapat berfungsi sebagai pemutih dan pembersih alami gigi serta mampu mengangkat noda yang menempel pada gigi secara maksimal. Selain itu, bahan-bahan alami ini juga tidak akan merusak enamel gigi meski anda mengkonsumsinya dengan frekuensi yang sering.

Beberapa Hal yang Perlu Anda Hindari

Selain mengetahui bahan-bahan alami yang bagus untuk memutihkan gigi secara alami, anda juga perlu tahu beberapa hal penting yang harus anda hindari agar gigi anda tidak berubah warna menjadi kuning. Yang pertama, kurangi kebiasaan minum kopi. Kandungan kafein yang ada di dalam kopi dapat membuat warna gigi anda menjadi kuning dan kusam. Sebaiknya, kurang frekuensi minum kopi anda untuk menghindari warna gigi yang menguning. Selain itu, berkumurlah dengan air putih atau sikatlah gigi anda setelah minum kopi agar plak tidak menempel pada permukaan gigi anda. Tips yang kedua, kurangi frekuensi merokok. Merokok dapat menyebabkan berbagai masalah mulut muncul. Selain dapat membuat gigi menjadi kuning atau bahkan coklat, merokok juga dapat membuat nafas menjadi bau dan bibir menjadi menghitam. Jika anda adalah seorang perokok, sebaiknya gunakan pasta gigi yang khusus dibuat untuk para perokok. Pasta gigi khusus untuk perokok memiliki kandungan yang lebih kuat dibandingkan dengan pasta gigi biasa, sehingga mampu mengangkat plak yang menempel pada gigi.
Tips yang ketiga  adalah hindari konsumsi teh secara berlebihan. Selain kopi, teh merupakan minuman lain yang dapat membuat gigi anda menjadi berwarna kuning. Selama dikonsumsi secara wajar, seperti dua kali sehari misalnya, teh tidak akan membuat warna gigi anda menjadi kuning. Tips yang terakhir, sikatlah gigi anda minimal dua kali sehari. Dari semua tips yang telah disebutkan diatas, menyikat gigi secara rutin dan teratur merupakan tips yang paling penting. Selain untuk mencegah gigi anda menjadi kuning, menyikat gigi secara teratur dapat menghindarkan anda dari berbagai macam masalah mulut seperti bau mulut,gigi yang berlubang serta karang gigi. Sikatlah gigi anda setelah sarapan dan sebelum tidur, agar gigi anda tetap bersih, putih dan sehat. Anda juga bisa menggunakan obat kumur yang banyak tersedia di pasaran setelah anda selesai menyikat gigi. Obat kumur ini akan berguna untuk memberikan anda nafas yang lebih segar serta mengangkat plak yang bisa menyebabkan karang gigi  dan berubahnya warna gigi menjadi kuning.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar