Kamis, 17 Januari 2013

tips agar anak rajin belajar



anak-rajin-belajar

Para orangtua sering sekali mengeluhkan bahwa anak mereka susah sekali jika disuruh untuk belajar. Bagi anak, belajar itu adalah hal yang membosankan dan tidak menyenangkan sehingga mereka malas untuk belajar. Berbagai cara dilakukan para orangtua agar anaknya rajin belajar. Tapi terkadang mereka salah dalam menerapkan cara. Banyak orangtua yang memaksa anaknya untuk belajar sehingga sang anak malah akan tambah membenci belajar. Harusnya sebagai orangtua kita ingat bagaimana dulu kita juga tidak suka belajar sehingga cara memaksa bukanlah hal yang tepat.
Ada beberapa tips yang bisa anda praktekan agar anak anda menjadi rajin belajar di rumah.Tanyakanlah hal-hal yang menarik yang terjadi di sekolah saat anak anda baru pulang sekolah. Hal ini dapat membuat sang anak mengingat kembali kejadia-kejadian yang menyenangkan di sekolah sehingga anak tanpa sadar akan menyadari bahwa sekolah itu menyenangkan. Saat anak anda tidur coba terapkan Hypnosleep yaitu kata-kata penyemangat ketika anak anda sedang tidak sadar sehingga kata-kata tersebut meresap kea lam bawah sadarnya. Kata-kata yang bisa anda bisikkan ketika sang anak tidur contohnya adalah “Belajar itu menyenangkan lho”, “sama halnya dengan bermain, belajar juga menyenangkan” atau kalimat kalimat sugesti lainnya. Anda juga bisa menjelaskan manfaat pelajaran yang sudah sang anak pelajari. Jelaskanlah manfaat yang berhubungan dengan kesenangan atau minat sang anak. Misalnya anda bisa menjelaskan jika sang anak pintar bahasa inggris dia bisa dengan mudah membaca buku-buku cerita menarik dalam bahasa inggris atau anda juga bisa menjelaskan jika pintar bahasa inggris maka aka nada kemungkinan sang anak bisa belajar di luar negeri. Anda juga bisa membantu anak memahami kegunaan dari matematika yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari.
Sering-seringlah memberikan pujian pada sang anak jika dia berhasil mendapatkan nilai yang bagus. Anda juga bisa menyemangati sang anak bahwa dia pasti bisa mengerjakan soal-soal yang sudah diberikan guru. Bangunlah kepercayaan diri sang anak agar dia merasa mampu mengerjakan soal-soal dalam berbagai pelajaran di sekolah. Jika anak anda masih kecil dan masih senang dibacakan dongeng, anda disarankan untuk membacakan dongeng sambil memangku anak anda. Hal ini akan membuat anak anda merasa sangat disayangi dan berpikiran bahwa membaca buku itu menyenangkan. Berikan hadiah-hadiah kecil setiap kali anak anda mendapatkan nilai yang bagus sehingga dapat memacu semangat anak anda dalam belajar.Anda juga bisa menjanjikan sesuatu jika anak anda berhasil mendapatkan peringkat yang bagus di sekolah. Cara-cara yang menyemangati dinilai akan lebih efektif dibandingkan dengan memaksa anak untuk belajar. Anda juga perlu sesekali mendampingi anak belajar dan memberikan masukan jika sang anak bertanya sesuatu.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar