Selasa, 08 Januari 2013

tiga kawah misterius bulan terpotret



NASACitra tiga kawah Bulan "three amigos" seperti diambil wahana Lunar Reconaissance Orbitter.

 Wahana Lunar Reconnaissance Orbiter yang mengorbit Bulan menangkap tiga kawah misterius yang disebut "three amigos". Kawah itu membentang sepanjang 450 meter dari timur laut ke barat daya.

Tiga kawah ini berlokasi di 9,665 derajat LS dan 7,646 derajat BT Bulan. Tampaknya ketiganya terbentuk pada saat bersamaan, berselisih beberapa menit satu sama lain. Kawah di barat daya berdiameter 180 meter, di tengah 150 meter, dan di timur laut 125 meter.

Tim misi LRO seperti diberitakan Daily Mail, Selasa (8/1/2013), menyatakan bahwa ketiga kawah tersebut terbentuk secara bersamaan. Bisa jadi, kawah terbentuk oleh satu komet yang menumbuk dan membentuk tiga kawah. Kemungkinan lain, ada 3 peristiwa tumbukan berbeda yang membentuk kawah.

Kalkulasi para ilmuwan menunjukkan, komet tersebut menumbuk dari arah timur laut, menumbuk permukaan Bulan dengan sudut rendah. Ini terlihat dari material debu yang terangkat dan menyebar hingga jarak 1 kilometer.

Melihat morfologi kawahnya, ada kemungkinan kawah di barat daya terbentuk lebih dulu, diikuti kedua kawah lainnya. Selisih waktu pembentukan kawah diperkirakan hanya beberapa menit. Karena terbentuk hampir bersamaan, ada bukit di antara kawah-kawah tersebut
.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar